Rabu, 15 Oktober 2014

Telepon Alat Telematika

Dalam pembahasan alat telematika, saya ingin menjelaskan tentang alat telematika yaitu telepon. Telepon ialah suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara atau membentuk sebuah percakapan. Telepon beroperasi menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga membantu pengguna satu berkomunikasi dengan pengguna yang lainnya.
Telepon sudah ada sejak bertahun tahun lamanya, perkembangan telepon sangat pesat. Telepon untuk jaman dahulu bermodel princess phone, yaitu telepon dimana angkanya diputar jika pengguna ingin berbicara atau berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Selanjutnya telepon ip dimana telepon ip ini menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. Kemudian telepon yang sekarang lebih banyak digunakan atau biasa kita sebut telepon digital. Telepon digital itu berbeda dengan telepon princess phone, telepon digital jika pengguna ingin menghubungi atau berkomunikasi dengan pengguna lain hanya tinggal menekan angka atau nomor yang akan dihubungi. Kemudian lebih canggihnya sudah ada handphone yang penggunaannya hampir sama seperti telepon yaitu untuk mempermudah berkomunikasi atau bercakap. Hanya perbedaannya handphone lebih mudah dibawa kemanapun, dapat mengirim pesan dan juga menelepon.
Fungsi telepon bagi saya untuk mempermudah orang – orang yang ada disekeliling saya untuk menghubungi saya jika orang – orang tersebut tidak memiliki handphone dan membantu saya agar bisa melakukan komunikasi dan bercakap ke sepupu yang berbeda tempat tinggal dengan saya. Penggunaan alat telepon sangat mudah, kita hanya menekan tombol atau angka yang nomor telepon tujuannya ingin kita hubungi kemudian pada gagang telepon yang kita angkat akan terdengar suara dari pengguna yang kita hubungi nomornya. Dan jika telepon itu tidak ada mungkin yang terjadi orang-orang yang memiliki keluarga atau sahabat yang tempat tinggalnya berjauhan akan sulit untuk saling menanyakkan kabar atau memberikan kabar mereka. Sehingga telepon sangat berguna sekali untuk orang-orang agar bisa saling berkomunikasi tanpa harus bertatap muka.


Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar