Rabu, 01 Oktober 2014

Telematika

Sejarah Telematika
            Kata  telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’Informatisation De La Societe. Kata telematika berasal dari bahasa Perancis “Telematique” yang merupakan gabungan kata dari telekomunikasi dan informatika. Para praktisi menyatak bahwa “Telematics” singkatan dari “Telecomunications and Informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep antara Computing and Communication. Telematika secara umum dapat digunakan untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau Global Positioning System (GPS) dan untuk lebih spesifiknya telematik dapat digunakan pada bidang kendaraan dan lalulintas. Jadi telematika itu sendiri ialah suatu alat teknologi komunikasi jarak jauh yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan system digital.

Fungsi Telematika
            Telematika sebagai komunikasi jarak jauh memiliki fungsinya tersendiri yaitu :
-          Penyampaian informasi, dimana telematika digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai pengetahuan agar pengetahuan manusia bisa lebih berkembang lagi setelah adanya telematika.
-          Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat, dimana telematika dalam fungsi ini digunakan untuk penghubung antara peserta untuk bekerja sama yang menimbulkan keakraban, kebersamaan dan kesatuan . jadi telematika ini membantu proses interaksi social dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah.

Sejarah perkembangan Telematika di Indonesia
            Di zaman pra sejarah dalam beberapa kasus manusia menggunakan simbol yang berupa ukiran pada batu  atau dinding gua. Awalnya komunikasi tertulis dikembangkan agar informasi yang di dapat bisa disimpan dan dibaca oleh manusia. Kemudian dengan ditemukannya teknologi baru yaitu teknlogi cetak, informasi yang didapat dapat disebarkan ke wilayah yang lebih luas dan lebih murah. Perkembangan media elektronik yang dimaksud ialah radio, televisi dan telepon.
Di Indonesia perkembangan telematika mengalami 3 periode berdasarkan fenomena yang terjadi dimasyarakat.
1.      Periode Rintisan
Periode yang dimulai dari tahun 1970 sampai 1980, pada periode ini jaringan telepon, saluran televise nasional, stasiun rado nasional dan internasional muelai dikenal di Indonesia meskipun penggunananya masih jarang.
2.      Periode Pengenalan
Periode yang dimulai dari tahun 1990 pada periode ini teknologi telematika telah banyak digunakan oleh masyarakat.
3.      Periode Aplikasi
Periode ini sudah dimulai pada tahun 2000an, pada periode ini bermunculan teknologi – teknologi yang perkembangannya semakin pesat yaitu teknologi mobile phone dimana kapasitasnya antara 1Gb dan dapat terkoneksi ke internet, stasiun televisi dan teleconference. Kemudian untuk teknologi komputer telah berkembang mlti processor, multislot memory dan jaringan internet yang bersifat wireless atau tanpa kabel.
            Indonesia juga memiliki masa yang dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Masa pra satelit
a.       Radio dan telepon
Masa ini ialah masa – masa terbatas untuk radio dan telepon. Radio Republik Indonesia muncul dikarenakan kebutuhan yang mendesak dan alat yang seadanya, kemudian pendiri RRI melangsungkan pertemuan pada tanggal 11 september 1945 untuk mengumumukan jati diri RRI sebagai sarana komunikasi antar pemerintah dengan rakyatnya dan rakyat dengan rakyat. Sedangkan telepon pemerintah membangun telekomunikasi masih kecil jumlahnya
b.      Televisi
Badan penyiaran televisi muncul tahun 1962 sebelum adanya satelit. Siaran percobaan untuk televisi pertama kali terjadi pada tanggal 17 agustus 1962. Jadi Indonesia hanya mengenal telekomunikasi yang bersifat terrestrial.
2.      Masa satelit
Setelah ditelusuri awa mula satelit dari sebuah konferensi di Janewa tahun 1971 yang disebut WARCST (World Administrative Radio Confrence on Space Telecomunication). Resminya satelit ini mealui pidato kenagraan presiden Soeharto Jakarta 16 Agustus 1976. Tetapi peluncuran satelit ini merupakan kebijakan nasional yang gagasan awalnya dicetuskan oleh pemerintah.

Peranan telematika
1.      Mengoptimalkan proses pembangunan
Ialah telematika memberika pelayanan untuk terus mengoptimalkan atau mengusahakan agar proses pembangunannya bisa menajdi baik dan sesuai dengan keinginan tanpa adanya jarak.
2.      Meningkatkan pendapatan
Produk dan jasa teknologi telematika merupakan pembangun untuk memberika peningkatan pendapatan bagi perorangan.
3.      Pemersatu bangsa
Teknologi telematika dapat membantu menyatukan bangsa dengan teknologinya dari berbagai dareah dengan jarak yang cukup jauh.
  
Trend Telematika ke depan
Seiring berkembangnya jaman yang semakin modern diharapkan teknologi telematika dapat dikembangkan menjadi lebih canggih lagi. Setiap orang mempunyai kebebasan dan hak untu mengembangkan telematika tersebut asalkan manusia tersebut memiliki tanggung jawab yang besar dan tidak memikirkan untuk menguntungkan dirinya sendiri. Sehingga dapat muncul harapan untuk masa depan yang lebih baik untuk teknologi telematika di masa yang akan datang.

2 komentar:

  1. Itu mau dikoreksi, mungkin Global Positioning System itu disingkat menjadi 'GPS'.

    BalasHapus
  2. iya uda zak, makasih ya uda dikoreksi haha

    BalasHapus